Minggu, 08 Januari 2012

ASIA TENGGARA

Asia Tenggara adalah sebuah kawasan di benua Asia bagian tenggara. Kawasan ini mencakup Indochina dan Semenanjung Malaya serta kepulauan di sekitarnya. Asia Tenggara berbatasan dengan Republik Rakyat Cina di sebelah utara, Samudra Pasifik di timur, Samudra Hindia di selatan, dan Samudra Hindia, Teluk Benggala, dan anak benua India di barat.
Asia Tenggara biasa dipilah dalam dua kelompok: Asia Tenggara Daratan (ATD) dan Asia Tenggara Maritim (ATM).
• Negara-negara yang termasuk ke dalam ATD adalah
1. Kamboja
2. Laos
3. Myanmar
4. Thailand
5. Vietnam
• Negara-negara yang termasuk ATM adalah
1. Brunei
2. Filipina
3. Indonesia
4. Malaysia
5. Singapura
6. Timor Leste
Malaysia, meskipun ada bagian yang tersambung ke benua Asia, biasa dimasukkan ke dalam ATM karena alasan budaya. Semua negara Asia Tenggara terhimpun ke dalam organisasi ASEAN. Timor Leste yang sebelumnya merupakan bagian dari Indonesia telah mengajukan diri menjadi anggota ASEAN walaupun oleh beberapa pihak, atas alasan politis, negara ini dimasukkan ke kawasan Pasifik.[1]
Secara geografis (dan juga secara historis) sebenarnya Taiwan dan pulau Hainan juga termasuk Asia Tenggara, sehingga diikutkan pula. Namun demikian, karena alasan politik Taiwan dan pulau Hainan lebih sering dimasukkan ke kawasan Asia Timur. Kepulauan Cocos dan Pulau Christmas, yang terletak di selatan Jawa, oleh beberapa pihak dimasukkan sebagai Asia Tenggara meskipun secara politik berada di bawah administrasi Australia. Sebaliknya, Pulau Papua dimasukkan sebagai Asia Tenggara secara politik meskipun secara geologi sudah tidak termasuk benua Asia.
Asia Tenggara merupakan bagian dari Benua Asia (benua terluas di mukabumi), yaitu mencakup 30%-nya. Secara astronomis Asia Tenggara terletak antara21
?
LU – 11
?
LS dan 95
?
BT - 141
?
BT. Wilayah Asia Tenggara terletak disekitar khatulistiwa dan seluruhnya berada dalam wilayah Bujur Timur. Berikutadalah batas-batas geografis kawasan Asia Tenggara.

Sebelah utara : Daratan Cina dan India.

Sebelah timur : Samudra Pasifik.

Sebelah selatan : Samudra Hindia dan Benua Australia.

Sebelah barat :Samudra Hindia.

















A. Bentang alam
Luas wilayah Asia Tenggara
?
4,5 juta km
2
, terdiri atas pulau-pulau danbagian daratan Benua Asia. Asia Tenggara merupakan wilayah pertemuan gugusanPegunungan Muda Mediterania dan Sirkum Pasifik. Kedua gugusan pegunungan itubertemu di wilayah Indonesia bagian Timur, tepatnya di Laut Banda (Maluku).Pegunungan muda merupakan pegunungan yang masih dinamis. Oleh karena itu dikawasan Pegunungan Muda Mediterania dan Sirkum Pasifik terdapat banyak gunungapi aktif, khususnya di Indonesia dan Filipina. Selain gugusan pegunungan, diwilayah Asia Tenggara juga terdapat dataran rendah. Misalnya lembah-lembahsungai, pesisir semenanjung, dan sebagainya. Wilayah tersebut umumnya subur.Di dataran rendah banyak dijumpai aliran sungai-sungai besar. Contohnya,Sungai Mekong. Sungai dengan panjang 4.000 km yang berhulu di wilayah China ini,melintasi beberapa negara di Asia Tenggara, yaitu Myanmar, Laos, Thailand,Kamboja, dan Vietnam. Sungai-sungai besar lain terdapat di wilayah Indonesia,seperti Kalimantan dan Sumatera.
B. Iklim
Secara keseluruhan, wilayah Asia Tenggara berada di sekitar ekuator/khatulistiwa, yaitu di antara garis balik utara (23
?
30’ LU) dan garis balik selatan(23
?
30’ LS). Kesamaan letak astronomis tersebut menyebabkan negara-negara dikawasan Asia Tenggara memiliki iklim yang tidak jauh berbeda.

Daerah di sekitar garis ekuator (Pulau Kalimantan, Sulawesi, dan Sumatera diIndonesia, Malaysia, dan Brunei) memiliki iklim ekuator, yaitu iklim tropis dengancurah hujan tinggi. Musim hujan dan kemarau berganti setiap setengah tahunsekali. Oleh karena itu, di kawasan ini banyak terdapat hutan hujan tropis.

Wilayah-wilayah di atas atau di bawah garis ekuator (Filipina Utara, Thailand,Kamboja, Laos, Vietnam, Myanmar; Pulau Jawa, Sumba, Flores dan sebagainya di
2


wilayah Indonesia; serta Timor Leste) mengalami iklim musim tropika. Diwilayah tersebut banyak ditemui hutan musim dan sabana.

Daerah-daerah pegunungan memiliki iklim pegunungan. Kawasan ini juga banyakmendapathujan orografis. Oleh karenanya banyak ditemui hutan-hutan lebat di daerahpegunungan.
C. Sosial budaya
Penduduk asli Asia Tenggara adalah bangsa Melayu yang termasuk rasMongoloid. Bangsa ini datang dari daratan Cina,
?
2.500 tahun lalu. Awalnya,bangsa ini banyak dijumpai di wilayah Indonesia dan Filipina, namun kemudianmenyebar ke berbagai pulau. Dalam perkembangannya, penduduk Asia Tenggaraterdiri dari berbagai macam suku bangsa. Menurut data
CIA The World Factbook tahun 2008
, jumlah penduduk di Asia Tenggara mencapai
?
581,853,468 jiwa. Rata-rata pertumbuhan penduduk mencapai 2,34% per tahun. Indonesia adalah negaradengan penduduk paling banyak, sedangkan Singapura berpenduduk paling sedikit

Tidak ada komentar:

Posting Komentar