Jumat, 22 April 2011

Hardiknas 2011 , 22 april

Latar Belakang Hardiknas

Tanggal 2 Mei adalah hari pndidikan nasional atau iasa disebut HARDIKNAS yang pasti tidak asing lagi ditelinga kita (pelajar/Elemen-elemen pendidikan), pada tanggal 2 Mei bertepatan dengan tanggal lahirnya salah satu tokoh pendidikan kita yaitu Ki Hajar Dewantara, yang mempunyai nama asli : Raden Mas Soewardi.
Beliau mendirikan salah satu taman siswa pada 3 juli 1922 untuk sekolah kerakyatan di Yogyakarta.
Beliau juga sempat menulis artikel yang intinya memprotes berbagai kebijakan para penjajah (Belanda) yang kadang membunuh dan menghambat tumbuhkembangnya pndidikan di Indonesia.

Kerja keras dan pengorbanan beliau melalui surat keputusan Presiden RI No. 305 Tahun 1959,
Tanggal 28 November 1959 beliau dinobatkan sebagai satu Pahlawan Pergerakan Nasional.
Bahkan yang lebih membahagiakan, dirinya dianggap sebagai Bapak pendidikan untuk seluruh masyarakat Indonesia, penghormatan itu terbukti dengan ditetapkannya tanggal 2 Mei sebagai Hari Pendidikan Nasional.
Untuk mewujudkan dan membangunkan dunia pendidikan di indonesia yang sedang diusahakan dalam penjajahan para penjajah Belanda beliau memakai semboyan "Tut Wuri Handayani" semboyan ini berasal dari ungkapan aslinya "Ing Ngasa sung tulada, ing madya mangun karsa" (maaf kalau saah baru belajar)  (~o^)d
semboyan ini masih dipakai dalam dunia pendidikan kita hingga era Reformasi ini.
Bahkan dengan semboyan itu telah sedikit warna pendidikan kita di Indonesia saat ini.

sewaktu kecil peringatan HARDIKNAS itu hanya sekedar ceremonial belaka, kumpul dilapangan, berdiri dibawah matahari yang terik, nyanyi-nyanyi, dengerin pidato, selanjutnya bubar, dan enggak tahu apa makna dari Upacara tersebut...?

tapi bagi saya pribadi penringatan itu berguna untuk membangun rasa kecintaan pada pendidikan di negara kita, semakin menjadi orang yang lebih berguna bagi bangsa dan negara...
(itu sih bagi orang-orang yang sadar seperti saya) hhhheeeeeee................... (^_^)d





1 komentar: